Selasa, 31 Januari 2023

Tuding PS Tebo Turunkan 12 Pemain, PS Bungo Ajukan Protes ke Asprov PSSI

Rabu, 25 Januari 2023 | 07:16:05 WIB


Halaman muka koran Metro Jambi edisi Rabu 25 Januari 2023
Halaman muka koran Metro Jambi edisi Rabu 25 Januari 2023 / Metrojambi.com/ist

MUARATEBO - Ajang Gubernur Cup 2023 yang dihelat di Kabupaten Tebo menjadi heboh. PS Tebo dilaporkan bermain curang karena menurunkan 12 pemain dalam laga semifinal melawan PS Bungo di Stadion Sri Maharaja Baru, Selasa (24/1/2023).

Awalnya, pertandingan yang dimulai bakda zuhur itu berlangsung seru. Tebo langsung memimpin dengan skor sebelum turun minum 2-1. Memasuki babak kedua, pertandingan kian panas, dimana Tebo terus melejit hingga mencapai skor 4-2.

Saat itulah PS Bungo melancarkan protes ke ofisial. Mereka menuduh PS Tebo memainkan 12 pemain, bukan 11. Protes ditandai dengan keluarnya semua pemain Bungo dari lapangan.

Namun karena bola masih terus bergulir, dan wasit tidak meniup peluit untuk menghentikan permainan, PS Tebo kembali mencetak gol penutup hingga skor 5-2.

Tak lama, wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan. Dengan hasil itu, PS Tebo masuk ke babak final melawan antara PS Merangin atau PS Tanjung Jabung Barat yang akan bertanding pada Rabu (25/1).

Pelatih PS Bungo Tri Kurniawan menyatakan bahwa pihaknya merasa dirugikan oleh kelalaian panitia dan pengawas pertandingan. Sebab, PS Tebo bermain dengan 12 pemain.

“Babak kedua ini, panitia dan pengawas pertandingan lalai. Masa pemain bisa sampai 12 orang untuk Kabupaten Tebo, yang membuat kita rugi, sehingga kita kebobolan dua gol,” ujar Tri.

Apakah ini kesengajaan atau tidak, Tri menyatakan mengajukan protes ke Asprov PSSI Jambi. Dia menyatakan memiliki video rekaman jumlah pemain Tebo yang mencapai 12 orang, yang akan dijadikan sebagai bukti.

Metro Jambi mendapat kiriman rekaman pemutaran video pertandingan yang dijadikan bukti bahwa PS Tebo menurunkan 12 pemain, bukan 11 orang lazimnya permainan sepakbola. Tampak cuplikan video pertandingan diputar.

Terdengar seseorang menyebutkan, “Ini bukti pemain Tebo 12 orang.” Selanjutnya suara pria di dalam video tersebut menghitung jumlah pemain Tebo yang mengenakan jersey warna biru.

Tampak jelas bahwa pemain berkostum biru sebanyak 11 orang. “12 termasuk kiper. 12 orang pemain Tebo,” ujar pria tersebut.

Tri mengatakan, adanya 12 pemain PS Tebo itu diketahui timnya pada menit ke-86. “Setelah itu pemain langsung keluar dan menuju ke banch,” ungkapnya. Dia mengatakan, protes ke Asprov PSSI dikirim langsung pasca pertandingan.

Tri mengaku tidak mengetahui kapan satu pemain tambahan PS Tebo itu masuk ke lapangan. “Kalau secara regulasi, harus dibatalkan. Tapi kita masih menunggu keputusan panitia,” pungkasnya.

Pelatih Tebo Apri Giri menyatakan bahwa atas kemenangan melawan PS Bungo, timnya berhak melaju ke babak final.

Ditanya soal protes PS Bungo karena PS Tebo menurunkan 12 pemain, Apri mengaku tidak mengetahuinya. “Kita juga tidak tahu, mungkin miskomunikasi. Kita tidak tahu hal itu,” tuntas Apri Giri.


Penulis: Suci Ramadhan
Editor: Joni Rizal


TAGS:


comments